Gelombang Transversal

GELOMBANG TRANSVERSAL

Gelombang, Jika kita berbicara masalah gelombang maka yang dibahas pertama kali pastilah macam-macam dari gelombang itu sendiri. Adapun macam-macam dari gelombang itu sendiri adalah gelombang transversal, gelombang longitudinal, gelombang stationer, gelombang elektromagnetik, dan masih banyak lagi yang lain.

Pada permasalahan kali ini, kita akan membahas tentang gelombang transversal. Sebelum kita membahas apa itu gelombang transversal, kita harus mengetahui terlebih dulu arti dari gelombang. Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Gelombang terjadi karena adanya usikan yang merambat. Menurut konsep fisika, cerminan gelombang merupakan rambatan usikan, sedangkan mediumnya tetap. Jadi, gelombang merupakan rambatan pemindahan energi tanpa diikuti pemindahan massa medium.

monopolesourcedsphericalwave

Nah sekarang kita membahas apa itu gelombang transversal.  Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus arah getarannya ( usikannya ).

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


clip_image002_thumb4

Contoh gelombang transversal :

- getaran sinar gitas yang dipetik

- getaran tali yang digoyang-goyangkan pada salah satu ujungnya

Pada gelombang transversal, satu panjang gelombang terdiri atas 3 simpul dan 2 perut. Jarak antara dua simpul atau dua perut yang berurutan disebut setengah panjang gelombang atau ½ λ (lambda). Sedangkan cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu sekon. Cepat rambat gelombang dilambangkan dengan v dan satuannya m/s atau m s-1. Hubungan v,f,λ, dan T adalah :

λ = v.T

λ = v/f

v = λ.f

dengan,

λ = panjang gelombang , satuannya meter ( m )

v = kecepatan rambatan gelombang, satuannya meter / sekon ( ms-1 )

T = periode gelombang , satuannya detik atau sekon ( s )

f = frekuensi gelombang, satuannya 1/detik atau 1/sekon ( s-1 )

Pemantulan dari suatu gelombang terjadi jika gelombang melalui suatu rintangan atau hambatan, misalnya benda padat, maka gelombang tersebut akan dipantulkan. Pemantulan ini merupakan salah satu sifat dari gelombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>